Gunung Batur – Bali

Gunung Batur – Merupakan gunung berapi aktif yang memiliki ketinggian sekitar 1717 mdpl. Pesona pemandangan alam yang disuguhkannya sangat luar biasa mengagumkan. Dimana terdapat sebuah kaldera berukuran 13,8 x 10 Km yang di dalamnya terisi air, membentuk sebuah danau yang diberi nama danau Batur. Danau ini memiliki luas sekitar 16 Km2 dengan bentuknya yang unik menyerupai bulan sabit.

Lokasi Dan Transportasi

Secara administratif gunung batur termasuk dalam wilayah Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Berjarak sekitar 64 Km dari sebelah Timur Laut Kota Denpasar yang dapat ditempuh dalam waktu dua jam perjalanan dengan kendaraan darat.

Untuk menuju kesini sebaiknya anda menyewa kendaraan saja karena angkutan umum sangat terbatas jumlahnya. Untuk harga sewa kendaraan roda dua di Bali rata-rata berkisar antara Rp 50.000*) Rp 70.000*) per harinya, sedangkan untuk kendaraan roda empat berkisar antara Rp 350.000*) Rp 600.000*) per harinya dan sudah termasuk sopir.

Wisata

Terdapat dua jalur pendakian yang lebih sering digunakan pendaki untuk mencapai puncak gunung batur, yaitu jalur pura jati dan jalur toya bungkah.

Sebelum memulai pendakian anda diharuskan melapor ke pos pendakian terlebih dahulu untuk mengurus administrasi dan wajib menggunakan jasa pemandu lokal yang tergabung dalam Himpunan Pramuwisata Pendakian Gunung Batur (HP2GB). Setiap pendaki akan dikenakan biaya sebesar Rp 75.000*)/Orang yang sudah termasuk biaya administrasi dan seorang pemandu lokalnya.

Gunung BaturView Gunung Batur (sumber)

View Danau BaturView Danau Batur (sumber)

Jalur pendakian Gunung Batur terbilang cukup mudah untuk di daki. Untuk mencapai puncaknya pun tidak memerlukan waktu yang begitu lama. Cukup dengan hiking selama dua jam dengan melintasi medan berupa tanah yang bercampur batuan kerikil kecil maka tibalah anda di puncaknya.

Jalur PendakianJalur Pendakian (sumber)

Waktu terbaik untuk mendaki gunung ini adalah saat pukul 04.00 WITA. Karena begitu tiba di puncak nanti anda akan disuguhkan dengan panorama sunrise yang tampak indah dengan langitnya yang memerah. Momen seperti inilah yang selalu dicari setiap pendaki yang datang kesini.

Di puncak gunung batur terdapat warung yang menjual berbagai macam makanan dan minuman yang bisa anda beli. Jadi anda tidak perlu khawatir jika merasa lapar. Pemandangan disini sangat terbuka luas dan sangat indah untuk dinikmati. Tampak tiga buah kawah vulkanik yang bisa anda saksikan. Masing-masing kawah ini bernama kawah batur I, kawah batur II dan kawah batur III.

Kawah BaturKawah Batur (sumber)

Selain itu pula terdapat duah buah kaldera yang sangat menakjubkan yaitu kaldera luar yang berbentuk lonjong dan kaldera dalam. Pada kaldera dalam inilah terdapat danau yang bernama danau batur dengan bentuknya yang unik menyerupai bulan sabit. Danau ini sangat indah saat di pandang dari puncak gunung batur. Airnya yang tampak membiru dengan suasananya yang tenang dijamin akan membuat anda betah untuk berlama-lama di puncak.

Tidak hanya itu, dari kejauhan akan tampak pula pemandangan puncak gunung Agung yang tampak gagah menjulang paling tinggi di provinsi Bali. Sedangkan jika menghadap ke sisi Timur anda akan disuguhkan dengan pemandangan puncak gunung rinjani yang berada di pulau Lombok.

Banyak objek wisata yang bisa anda temukan di sekitar gunung batur. Selain menikmati pemandangan danau, gunung dan kawahnya, anda juga dapat mencoba pemandian air panas toya bungkah. Terdapat pula sebuah desa tua bernama Terunyan yang memiliki budaya unik dengan peradaban bali kunonya. Dimana di desa ini terdapat banyak mayat yang tidak dikubur namun hanya diletakkan di bawah pohon. Uniknya walaupun tidak dikubur namun mayat ini tidak mengeluarkan bau busuk.

Jika anda merasa betah dan ingin berlama disini juga tidak perlu khawatir untuk mencari penginapannya karena di sekitar gunung dan danau batur banyak terdapat penginapan yang bisa anda sewa. Harganya pun bermacam-macam, mulai dari yang paling murah sampai yang paling mahal. Rata-rata penginapan disini berkisar antara Rp 200.000*).- Rp 650.000*) per malamnya.

Tips

  1. Sebaiknya anda melakukan pendakian saat pukul 04.00 wita karena dengan pendakian yang hanya memakan waktu sekitar dua jam, anda dapat menikmati panorama matahari terbit. Selain itu pula cuaca biasanya akan tampak bagus dengan pemandangan sekitar yang lebih terbuka.

  2. Gunakanlah jasa pemandu lokal yang tersedia disana. Hal ini sangat berguna untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

  3. Sempatkanlah diri anda untuk berendam di air panas yang berada tidak jauh dari desa. Dijamin akan membuat tubuh yang lelah kembali segar.

Berwisata ke gunung batur dijamin akan membuat pengalaman liburan anda lebih berkesan. Hawanya yang sejuk dengan pemandangan gunung, birunya danau dan hijaunya perbukitan sepertinya mampu menjadi obat penghilang penat yang mujarab. Selamat berwisata!

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerMyspaceRSS

Testimonials

Harga sepadan dengan pelayanan! Buat yg belom pernah naek gunung, tim wisatagunung sangat amat reliable. Thanks to panitia, pertama kali langsung bisa sampe puncak tertinggi jawa ! Hahaha keep up your great work!
Benny Surya, Semeru Juni 2014

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Connect With Us