Gunung Bromo – Jawa Timur

Gunung Bromo – Siapa yang tidak mengenal gunung ini ? gunung yang paling terkenal sebagai objek wisata di Jawa Timur karena suguhan pemandangannya yang sangat indah. Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif yang memiliki ketinggian sekitar 2392 mdpl. Terdapat sebuah kawah besar di dalamnya, dimana garis tengah kawah dari Utara-Selatan sepanjang 800 meter dan dari Timur-Barat sepanjang 600 meter. Hal menarik lain dari gunung ini adalah terdapat lautan pasir di sekitar kakinya yang memiliki luas sekitar 10 Km2. Lautan pasir inilah yang menjadi objek favorit wisatawan, dimana mereka biasa akan melintasinya dengan menyewa kuda ataupun dengan jeep.

Lokasi Dan Transportasi

Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang terletak dalam empat wilayah Kabupaten, yaitu Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Pasuruan dan Malang. Setiap wilayah kabupaten ini memiliki rutenya masing-masing untuk menuju Bromo. Para wisatawan biasanya akan melalui Probolinggo dan Pasuruan karena jaraknya yang lebih dekat. Sedangkan dari Malang dan Lumajang biasanya digunakan oleh wisatawan yang akan menuju ke gunung semeru terlebih dahulu.

Antara Terminal Pasuruan dan Terminal Bayu Angga Probolinggo, terdapat angkutan umum yang menghubungkannya. Ongkosnya sekitar Rp 8.000*) yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar satu jam. Jika anda akan menempuhnya melalui Probolinggo, setiba di terminal anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Cemoro Lawang dengan naik angkutan sejenis Colt ataupun Elf yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 80 menit. Angkutan ini biasanya akan berangkat saat penumpang sudah penuh. Biasanya ongkos yang dibayar sekitar Rp 25.000*)/Orang atau jika ingin menyewanya, harga sewa berkisar antara Rp 250.000*)Rp 300.000*)/mobil.

Peta Jalur TNKSPeta Jalur TNKS (sumber)

Wisata

Gunung Bromo merupakan salah satu gunung wisata yang berada dalam sebuah kaldera. Beberapa gunung lainnya di dalam kaldera ini adalah gunung Batok (2.470m), Gunung Kursi (2,581m), Gunung Watangan (2.662m) dan Gunung Widodaren (2.650m).

Karena merupakan kawasan wisata, maka disini banyak terdapat penginapan mulai dari homestay sampai hotel sekalipun. Untuk homestay tarif kamarnya berkisar antara Rp 70.000*) Rp 150.000*) per malamnya, sedangkan jika menyewa satu rumah tarifnya berkisar antara Rp 400.000*)Rp 500.000*). Anda pun tidak perlu khawatir jika merasa lapar saat berada disini karena banyak terdapat penjual makanan yang bisa anda temukan, tentunya dengan harga yang relatif murah.

Di sekitar cemoro lawang terdapat tempat penyewaan berbagai kendaraan untuk mengantar anda menikmati pemandangan sekitar gunung bromo. Kendaraan tersebut seperti Jeep, kuda dan ojek. Untuk menyewa Jeep anda akan dikenakan tarif antara Rp 100.000*)Rp 125.000*) per orang dengan jumlah minimal tujuh orang. Jeep ini akan mengantar anda menuju ke beberapa lokasi wisata seperti gunung bromo, penanjakan, padang savana dan lautan pasir. Untuk menyewa kuda, anda akan dikenakan tarif yang berkisar antara Rp 70.000*)Rp 100.000*) dengan tujuan lautan pasir sampai ke gunung bromo. Sedangkan untuk menuju penanjakan II akan dikenakan tarif sekitar Rp 30.000*)Rp 50.000*). Alternatif lainnya anda dapat pula menggunakan jasa ojek dengan tarifnya berkisar Rp 10.000*)Rp 50.000*) untuk sekali jalan.

Titik pandang terbaik untuk menikmati kawasan gunung di dalam kaldera ini adalah melalui bukit penanjakan II. Jalur menuju penanjakan II ini cukup jelas dan lebar dengan jarak tempuh dari Cemoro Lawang sekitar tiga Kilometer. Dari sini kemudian anda dapat turun menuju kaki gunung bromo baik dengan berjalan kaki ataupun dengan kendaraan. Jika menggunakan kendaraan, maka anda akan melintasi portal dan membayar tiket masuk sebesar Rp 6.000*) per orang serta membayar tiket masuk jeep sebesar Rp 5.000*).

Sebelum menuju Puncak Gunung Bromo anda akan melintasi sebuah Pura di kaki gunung. Pura ini merupakan tempat beribadah masyarakat suku tengger yang mayoritas beragama Hindu.

Pura Agung PotenPura Agung Poten (sumber)

Setelah dari itu barulah anda akan tiba di depan anak tangga yang sudah di buat permanen sampai menuju puncak gunung bromo. Berjalan di anak tangga ini akan sangat terasa panas saat siang hari. Waktu terbaik untuk mendaki adalah saat pukul 05.00 pagi, dimana anda dapat menikmati panorama sunrise saat berada di puncak nanti.

Jalan tangga menuju puncakJalan tangga menuju puncak (sumber)

Pemandangan dari atas puncak sangatlah indah. Anda dapat menikmati panorama kawah besar yang sangat luar biasa menakjubkannya. Di dasar kawah ini akan terlihat pusat semburan gas belerang yang mengeluarkan asap putihnya sampai membumbung tinggi ke atas.  Pada sewaktu-waktu terkadang angin datang cukup kencang dengan membawa material pasir yang dapat membuat mata kelilipan. Untuk itu sebaiknya anda tidak berlama-lama saat berada di puncak.

sunrise dari puncak bromosunrise dari puncak gunung bromo (sumber)

Kawah Gunung BromoKawah Gunung Bromo (sumber)

Tips

  1. Sebaiknya bawalah kacamata dan masker karena pasir di bromo sering ditiup angin kencang yang kadang membuat mata kelilipan.

  2. Cuaca di Bromo biasanya akan sangat terik saat siang hari, bawalah topi dan sunblock untuk melindungi tubuh anda dari panasnya cuaca.

  3. Jika ingin lebih menikmati pemandangan sekitar maka tidak ada salahnya untuk menyewa jeep. Sebaiknya datanglah dengan berombongan agar biaya jeep dapat lebih murah.

Gunung Bromo merupakan lokasi favorit yang sudah sangat terkenal di mata wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Jika dalam waktu dekat anda berencana untuk pergi berlibur, maka gunung bromo dapat menjadi referensinya. Selamat berwisata!

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerMyspaceRSS

Testimonials

Halo gw Muhammad Benny Prakoso,gw salah satu peserta Trip Wisata Gunung Mt.Gede & Mt.Semeru.Wisata Gunung,kalo pendapat gw pribadi,buat kenyaman trip sih ok,cukup puas dan cukup terjamin.Karna prosedur yang tercantum di website dan saat di lapangan benar-benar di realisasikan.Untuk Crew nya ok semua,ga ada masalah,asik2 dan gokil2… Tapi ok kok buat semuanya,mudah2an gw bisa ikut trip Wisata Gunung Rinjani tahun baru. Sukses selalu buat Wisata Gunung…:) Dan terima kasih juga buat Wisata Gunung,karna dari trip ini gw mendampatkan bonus dari pendakian,yaitu CINTA….Ngahahahaha Makasih Makasih … 😀  

Benny Prakoso<bennyprakoso@yahoo.com>

Benny Prakoso, Semeru Juli 2014

One Response to Gunung Bromo – Jawa Timur

  1. Howdy my pal! I want to point out that this particular blog post is awesome, great prepared including around many major infos. I will glimpse extra articles in this way .

    east java mountain go 28 Desember 2013 at 7:54 am Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Connect With Us