Gunung Galunggung – Jawa Barat

Gunung Galunggung – Merupakan salah satu dari beberapa gunung wisata yang ada di Jawa Barat. Berjenis gunung api strato dengan ketinggian yang mencapai sekitar 2.167 mdpl. Memiliki hutan montane pada ketinggian 1.200 – 1.500 mdpl serta hutan ericaceous pada ketinggian di atas 1.500 mdpl. Sama seperti gunung-gunung disekitarnya, gunung galunggung juga memiliki sejarah letusan yang pernah terjadi beberapa kali. Tercatat kejadian meletus pertama kali terjadi pada tanggal 18 Oktober 1882 dan terakhir terjadi pada tanggal 5 April 1982 yang membuat daerah sekitarnya diselimuti hujan abu sampai radius 100 Km dari puncak galunggung.

Lokasi Dan Transportasi

Secara administratif gunung galunggung termasuk dalam wilayah Desa Linggajati, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Berjarak sekitar 17 Km sebelah Barat Daya dari Kota Tasikmalaya.

Tidaklah sulit mencari transportasi umum untuk menuju kawasan gunung galunggung. Dari manapun anda berasal, anda dapat mencari angkutan yang menuju Kota Tasikmalaya dan berhenti di Terminal Bus Tasikmalaya. Dari terminal kemudian anda dapat naik angkutan kota jurusan Terminal – Galunggung – Singaparna dengan membayar ongkos sekitar Rp 8.000*).

Alternatif angkutan lainnya, anda dapat pula menggunakan jasa ojek ataupun colt yang berada di terminal. Ongkosnya tergantung dari tawar-menawar yang bisa anda lakukan.

Wisata

Kawasan wisata gunung galunggung saat ini dikelolah oleh Perum Perhutani. Untuk masuk kawasan wisata anda akan dikenakan tiket masuk seharga Rp 4.000*) per orang. Terdapat berbagai sarana dan prasarana yang bisa anda temukan disini seperti masjid, warung jajanan, taman bermain anak-anak, pusat oleh-oleh, kafe, area camping, gazebo, kolam renang serta areal parkir yang cukup luas, sehingga memudahkan bagi anda yang membawa kendaraan pribadi. Jika hendak menginap, terdapat pula beberapa wisma dan hotel yang bisa anda sewa di kawasan ini.

Kawasan gunung galunggung memiliki beberapa lokasi wisata yang menjadi favorit wisatawan, seperti danau kawah dan tempat pemandian air panas. Untuk menuju ke masing-masing lokasi wisata, anda dapat melihat papan petunjuk yang ada di pintu masuk. Jalan ke arah kanan menuju pemandian air panas dan jalan ke arah kiri menuju danau kawah.

Menuju pemandian air panas dapat ditempuh dengan berjalan kaki karena jaraknya yang tidak begitu jauh dari pintu masuk. Lokasi pemandian air panas ini memiliki luas sekitar tiga hektar dengan dua lokasi pemandian dimana masing-masingnya dikelolah oleh Perum Perhutani dan Pemerintah daerah setempat. Terdapat berbagai fasilitas yang bisa anda gunakan disini seperti kolam renang, bak rendam air panas serta kamar mandi. Tidak hanya berendam air panas, di lokasi ini pula anda dapat menikmati panorama hutan yang begitu asri dan alami dengan pemandangan air terjunnya yang cukup memukau. Untuk menuju air terjun ini anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000*) per orang.

GalunggungPemandian air panas (sumber)

Bagi anda yang hendak menuju danau kawah gunung galunggung, anda dapat berjalan ke arah kiri dari pintu masuk. Kemudian perjalanan akan mendaki anak tangga yang berjumlah sekitar 620 anak tangga. Tiba di puncaknya, anda masih harus turun lagi sekitar 100 meter untuk sampai di kawahnya. Pemandangan di danau kawah ini sangatlah indah, air tawarnya yang tampak menghijau serta suasana alamnya yang sejuk dan asri dijamin akan membuat anda betah berlama-lama disini. Bagi anda yang hobi camping dan memancing, anda dapat mendirikan tenda di bibir danau ini sambil memancing ikan yang banyak terdapat di danau.

Anak tanggaAnak tangga (sumber)

View danau kawahView danau kawah (sumber)

Danau kawahDanau kawah (sumber)

Di lokasi danau kawah pula terdapat sebuah masjid yang menjadi saksi bisu letusan gunung galunggung. Menurut cerita, dahulunya masjid ini berada di lokasi lahan yang tinggi namun akibat letusan galunggung yang terjadi pada tahun 1982 lalu, masjid ini pun berubah posisi sampai berada di lokasi danau kawah.

Tidak hanya lokasi wisata pemandian air panas dan danau, disini pula terdapat area wisata hutan yang cukup sejuk dan asri dibawah pengelolahan Perum Perhutani. Di area hutan seluas 120 hektar ini terdapat lokasi perkemahan yang bisa digunakan wisatawan untuk camping bersama keluarga ataupun bersama rombongan besar.

Tips

  1. Bawalah barang seperlunya, jangan sampai malah memberatkan perjalanan anda dan jagalah selalu barang bawaan anda.

  2. Bawalah jaket dan obat-obatan pribadi anda karena cuaca di kawasan galunggung akan cukup dingin terutama saat malam hari.

  3. Berhati-hatilah saat mendaki anak tangga menuju danau kawah, ikuti peraturan yang ada demi keselamatan dan keamanan anda.

  4. Hormati adat-istiadat yang berlaku di daerah setempat, buanglah sampah pada tempatnya dan bila perlu bawalah kantong sampah anda sendiri.

  5. Jika sungkan untuk berjalan, anda dapat menggunakan jasa ojek yang ada di pintu masuk kawasan wisata galunggung.

 

Berwisata ke gunung galunggung dapat menjadi alternatif bagi anda yang hendak berlibur, baik bersama keluarga ataupun kerabat. Aksesnya yang cukup mudah ditambah dengan berbagai fasilitas yang ada tampaknya dapat menjadi sebuah nilai plus sebagai referensi anda. Selamat berlibur!

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerMyspaceRSS

Testimonials

Halo gw Muhammad Benny Prakoso,gw salah satu peserta Trip Wisata Gunung Mt.Gede & Mt.Semeru.Wisata Gunung,kalo pendapat gw pribadi,buat kenyaman trip sih ok,cukup puas dan cukup terjamin.Karna prosedur yang tercantum di website dan saat di lapangan benar-benar di realisasikan.Untuk Crew nya ok semua,ga ada masalah,asik2 dan gokil2… Tapi ok kok buat semuanya,mudah2an gw bisa ikut trip Wisata Gunung Rinjani tahun baru. Sukses selalu buat Wisata Gunung…:) Dan terima kasih juga buat Wisata Gunung,karna dari trip ini gw mendampatkan bonus dari pendakian,yaitu CINTA….Ngahahahaha Makasih Makasih … 😀  

Benny Prakoso<bennyprakoso@yahoo.com>

Benny Prakoso, Semeru Juli 2014

2 Responses to Gunung Galunggung – Jawa Barat

  1. mantab ceritanya,., papandayan emang bagus untuk yang ingin mencoba [engalaman naik gunung tapi g terlalu berat, pemandangannya juga lumayan bagus terutama buat pasangan karena tempatnya romantis,

    nitip share kalau mau sewa peralatan naik gunung bisa cek di http://www.rover-outdoor.com lokasi jakarta ada di utan kayu.

    terima kasih 🙂

    rover outdoor 6 September 2014 at 5:52 pm Balas
    • Terimakasih informasi rentalnya bro, bro bisa mention ke twitter kami perihal rental + nomer contactnya ya

      ASe 9 September 2014 at 2:01 am Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Connect With Us