Gunung Gede – Jawa Barat

Gunung Gede – Siapa yang tidak mengenal gunung ini ? Yang selalu ramai dikunjungi para pendaki tiap pekannya. Gunung yang berada dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP) ini memiliki ketinggian sekitar 2958 meter diatas permukaan laut (mdpl). Menjanjikan suguhan pemandangan indah dengan hamparan bunga edelweissnya yang selalu dirindukan setiap pendaki.

Lokasi Dan Transportasi

Secara administratif gunung gede berada dalam tiga wilayah Kabupaten, yaitu Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi.

Untuk menuju ke puncak gunung ini terdapat tiga jalur pendakian resmi yang bisa dilalui, yaitu jalur Cibodas, Gunung Putri dan Selabintana. Jalur yang sering dilalui pendaki adalah melalui jalur Cibodas dan Gunung Putri sedangkan jalur Selabintana lebih jarang didaki karena jalurnya yang lebih panjang. Sebelum memulai pendakian anda harus mengurus Simaksi dengan membayar uang sebesar Rp 7.000*) dan uang restribusi pendakian sebesar Rp 3.000*).

Jalur pendakian TNGPPeta Jalur pendakian TNGP (sumber)

Untuk pendakian melalui jalur cibodas, dari terminal kampung rambutan anda dapat naik bus jurusan Bandung/Tasik/Garut yang melewati jalan puncak, kemudian turun di Cibodas. Ongkosnya sekitar Rp 15.000*) dengan waktu tempuh sekitar dua jam perjalanan. Dari Cibodas kemudian naik angkot sampai menuju pintu gerbang TNGP dengan membayar ongkos sekitar Rp 5.000*) per orang.

Untuk pendakian melalui jalur gunung putri, angkutan masih sama dengan jalur ke arah cibodas namun anda berhenti di pasar Cipanas. Kemudian dari sini naik angkot menuju pintu gerbang gunung putri dengan membayar ongkos sekitar Rp 5.000*) per orang.

Untuk pendakian melalui jalur Selabintana, anda dapat naik bus jurusan Sukabumi dan turun di terminal sukabumi. Kemudian dilanjutkan dengan naik angkot jurusan Selabintana.

Wisata

Masing-masing jalur pendakian Gunung Gede memiliki keunikan panorama alamnya sendiri. Semua jalur ini akan membawa anda menuju puncak gunung gede yang terkenal dengan panorama kawahnya. Selain itu terdapat pula lokasi hamparan padang savanna yang sangat luas nan indah dengan hiasan pepohonan edelweissnya, lokasi inilah yang bernama Alun-alun Surya Kencana, surganya gunung Gede.

Jika pendakian anda hendak menuju alun-alun suryakencana terlebih dahulu, sebaiknya anda melewati jalur gunung putri atau Selabintana namun jika hendak mencapai puncaknya terlebih dahulu sebaiknya anda melewati jalur Cibodas. Dari jalur cibodas ini pula lah anda akan bertemu pertigaan menuju puncak gunung Pangrango yang berada di sebelah gunung Gede.

Awal pendakian dari jalur Cibodas, anda akan melintasi medan yang tergolong masih cukup landai. Tidak begitu lama berjalan, tibalah anda di sebuah lokasi yang bernama Telaga warna atau juga disebut telaga biru. Telaga ini cukup indah dan sesuai dengan namanya, warna airnya berwarna biru karena di dasarnya ditutupi oleh ganggang biru.

Telaga biruTelaga biru (sumber)

Lanjut pendakian anda akan tiba di pertigaan jalur antara jalur pendakian dan jalur yang menuju air terjun Cibeureum. Jika hendak menuju air terjun, medan yang dilalui akan menuruni bukit dengan waktu tempuh yang hanya sebentar dari pertigaan ini. Pemandangan disini juga tak kalah indahnya, selain terlihat panorama gunung Gede yang berdiri dengan kokohnya, pesona air terjunnya juga tak kalah cantik. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter yang dihiasi dengan tumbuhan lumut merah.

air terjun Cibeureumair terjun Cibeureum (sumber)

Lanjut kembali ke pertigaan dan pendakian dilanjutkan, medan yang dilalui akan mulai menanjak dengan banyaknya akar pohon yang melintang di jalur. Harap berhati-hati saat melintasi jalur ini karena terdapat pula lereng yang cukup curam dengan aliran air panasnya. Jalurnya pun cukup sempit dan licin. Sebaiknya anda tidak berhenti disini, walaupun niatnya ingin menghangatkan badan namun hal tersebut akan mengganggu pendaki lain yang hendak lewat. Sampai berjalan terus dan hembusan hawa panas semakin terasa maka tibalah anda di sumber mata air panas.

Lanjut perjalanan dari sumber air panas, selanjutnya anda akan menuju kandang batu. Medan yang dilalui akan melintasi sungai kecil dan jalur yang terus menanjak. Dari kandang batu kemudian perjalanan anda akan menuju kandang badak. Medannya pun akan semakin terjal dengan jalur tanah dan rintangan akar-akar pohon. Saat mendekati kandang bandak, anda dapat melihat pemandangan air terjun dengan suara airnya yang menderu. Sampai akhirnya tibalah anda di pos kandang badak yang merupakan pos terakhir sebelum ke puncak gunung gede. Di pos ini pula terdapat persimpangan jalur ke gunung Pangrango. Anda dapat mendirikan tenda disini untuk bermalam karena lokasinya yang landai dan cukup luas.

Dari pos kandang badak selanjutnya perjalanan akan menuju puncak gunung gede yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar dua jam lagi. Medan yang dilalui akan semakin menanjak terjal dan terdapat tanjakan yang terkenal dengan nama tanjakan setan atau tanjakan rante. Merupakan tanjakan berbatu dengan kemiringan sekitar 80 derajat dan terdapat tali pengaman yang bisa anda gunakan untuk berpegangan. Setelah melewati tanjakan ini barulah vegetasi pohon akan semakin berkurang sampai akhirnya anda akan tiba di bibir kawah gunung gede. Anda dapat terus berjalan ke arah kanan untuk menuju puncak dengan melintasi jalan berpasir yang cukup landai.

Pemandangan disini sangat luar biasa indahnya. Jika waktunya tepat, anda dapat menikmati panorama terbit dan terbenamnya matahari. Selain itu pula pemandangan kota sangat terlihat dengan jelas dari sini dan yang paling menakjubkan adalah panorama tiga buah kawah aktifnya yaitu kawah Ratu, kawah Wadon dan kawah Lanang.

View dari Puncak Gn. GedeView dari Puncak Gn. Gede (sumber)

Puas bermain di area puncak, anda dapat kembali turun menuju alun-alun surya kencana yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit. Surya kencana merupakan sebuah dataran dengan luas sekitar 50 hektar yang ditumbuhi hamparan bunga edelweiss. Terdapat pula sumber mata air yang bisa anda gunakan. Bermalam disini merupakan pilihan tepat yang sepertinya sangat sayang untuk dilewatkan.

alun-alun surya kencanaalun-alun surya kencana (sumber)

Tips

  1. Untuk mendaki gunung Gede anda harus melakukan pendaftaran online terlebih dahulu di website official TNGP. Sebaiknya anda mendaftar seminggu sebelum hari pendakian agar kuota pendakian masih tercukupi, mengingat gunung ini selalu ramai dikunjungi pendaki lain. Kuota dibatasi maksimal 600 orang per malamnya yang terbagi di tiga pintu masuknya, yaitu 300 orang di pintu masuk Cibodas, 100 orang di pintu masuk Selabintana dan 200 orang di pintu masuk gunung putri.

  2. Gunakanlah sepatu agar lebih nyaman dalam pendakian, apalagi jika anda naik melalui Cibodas yang akan melintasi sumber air panas.

  3. Tidak ada salahnya membeli bekal nasi bungkus sebelum tiba di pintu masuk pendakian. Hal ini berguna untuk menghemat waktu anda jika merasa lapar saat di jalur pendakian.

Gunung Gede merupakan lokasi yang sangat cocok untuk berlibur di akhir pekan. Jangan lupa persiapkan peralatan standar pendakian, fisik dan mental anda. Akan banyak kejutan yang bisa anda temukan dalam pendakian. Selamat berlibur!

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerMyspaceRSS

Testimonials

Dear Wisata Gunung Terima kasih buat kesempatan dan pengalaman yang sudah di berikan kepada peserta / para pendaki. Yang nama nya acara, pasti punya kelebihan dan kekurangan. Mulai dari keberangkatan, sampai tiba di tempat tujuan’ Tim Guide W.G membimbing kami secara baik bahkan cukup di bilang profesional. Karena mereka bisa menempatkan diri mereka bukan hanya sekedar Tim Guide saja, bahkan mereka bisa bersikap layak nya kawan yang sudah mengenal satu dengan yang lain. Humor & canda tawa tak lepas dari sikap & perkataan mereka, baik di perjalanan, home stay, maupun di tempat Camp. Kami merasa sangat nyaman diperlakukan layaknya teman, Tim Guide juga banyak bertukar informasi baik mengenai Trip maupun hal – hal lainnya. Tim Guide sangat memperhatikan kondisi peserta, medan yang di lalui, sampai persediaan logistik dan obat – obatan yang di butuhkan oleh peserta. Kami merasa nyaman dengan fasilitas yg di sediakan oleh W.G baik transportasi maupun home stay. Namun tak lepas …

Roxy Marciano, Rinjani Agustus 2014

2 Responses to Gunung Gede – Jawa Barat

  1. boleh saya tanya apakah ada perjalanan ke gunung gede lagi, untuk di tahun 2015 thax

    derry 1 Oktober 2015 at 10:38 am Balas
    • Untuk open trip, ada pak, Silahkan dilihat informasinya :

      Lokasi : Gunung Gede, Cipanas, Jawa Barat
      Rute : Gunung Putri

      Pilihan Tanggal :
      FASE 3 : 11 – 13 September 2015
      FASE 4 : 23 – 25 Oktober 2015
      FASE 5 : 20 – 22 November 2015
      FASE 5 : 11-13 Desember 2015

      Harga : Rp 350.000,00 / orang

      Meeting point : Cipanas

      *Bagi teman-teman yang tinggal di Jabodetabek, keberangkatan akan dikoordinir oleh guide dari terminal Kp. Rambutan

      Include :
      1. Transport Cipanas – Gunung Putri – Cibodas
      2. Simaksi + Asuransi Pendakian
      3. Tenda Kapasitas 4 (Sharing tenda)
      4. Alat Masak untuk memasak bersama
      5. Guide
      6. Souvenir WisataGunung.com
      7. Porter Tim untuk bawa tenda & alat masak

      Exclude :
      – Bahan bakar (gasmate)
      – Transportasi dari Jakarta ke Cipanas
      – Item yang tidak disebutkan di atas

      Untuk informasi lebih lengkap visit : http://www.wisatagunung.com/trip/open-trip-gunung/gede-2015/

      Contact Us, for more info :
      Whatsapp : 0821 2277 6607

      ASe 1 Oktober 2015 at 3:43 pm Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Connect With Us