Gunung Krakatau – Lampung

Gunung Krakatau – Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi dan salah satunya adalah gunung Krakatau. Mungkin sekarang ini mendaki gunung sudah menjadi hal biasa, namun pernakah anda merasakan mendaki gunung yang berada di tengah laut ? hmm…sepertinya akan menjadi pengalaman yang menarik untuk di coba.

Lokasi Dan Transportasi

Gunung Krakatau berada di Selat Sunda, antara pulau Jawa dan pulau Sumatera, dimana secara administratif gunung ini berada dalam wilayah Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Karena krakatau merupakan daerah konservasi alam maka untuk mencapainya anda harus memiliki ijin terlebih dahulu yang bisa anda dapatkan di kantor BKSDA Lampung, tanjung karang, dengan membayar biaya administrasi sebesar Rp 150.000*).

Tidaklah sulit akses transportasi untuk menuju gunung krakatau karena banyak tersedia angkutan umum yang bisa anda gunakan. Jika anda berada di Pelabuhan Bakauheni, anda dapat langsung menuju Kota Kalianda dengan menggunakan bus yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit. Namun Jika anda berada di Lampung, anda dapat naik bus tujuan Kalianda yang banyak tersedia di terminal rajabasa. Dari terminal rajabasa perjalanan menuju Kalianda dapat memakan waktu sekitar 45 menit. Setibanya di Kalianda anda dapat kembali naik mobil tujuan dermaga desa canti yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 10 menit.

Jika tidak ingin repot maka alternatif lainnya anda dapat pula langsung menyewa jasa mobil untuk menuju dermaga desa canti, baik yang banyak tersedia di depan pelabuhan bakauheni maupun di kota Lampung dengan harga sewa sekitar Rp 150.000*), tergantung tawar-menawar yang bisa anda lakukan.

Setibanya di dermaga desa canti, anda dapat menyewa perahu motor untuk menuju kepulauan Krakatau yang dapat memakan waktu tempuh sekitar 150 menit. Harga sewa tergantung dari tawar-menawar, biasanya berkisar antara Rp 350.000*)Rp 500.000*) per harinya.

Wisata

Gunung Krakatau memiliki sejarah letusan terdahsyat dimana para ahli menyebutnya sebagai letusan super volcano yang pernah terjadi di tahun 1883. Akibat letusan tersebut, gunung Krakatau menjadi hilang karena hancur dan kembali muncul ke permukaan dalam beberapa tahun kemudian dimana sekarang lebih dikenal dengan nama Anak Gunung Krakatau yang masih aktif dan terus bertambah tingginya dengan kecepatan 20 inci per bulan.

KrakatauKrakatau (sumber)

Sekarang ini aktivitas anak gunung krakatau yang fluktuatif dengan sisa-sisa letusan gunung krakatau dan pemandangan alam di sekitarnya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjunginya. Tidak hanya itu, kehidupan flora dan fauna yang ada di sekitarnya pun turut menjadi pemandangan yang menarik untuk dinikmati. Beberapa tumbuhan tersebut seperti kelapa, cemara, ketapang dan beberapa tumbuhan lainnya. Begitu pula dengan hewan-hewan yang ada seperti burung raja udang, kadal, biawak, burung hantu, kupu-kupu, penyu hijau dan beberapa lagi lainnya.

krakatauKrakatau (sumber)

Kebanyakan pendaki tidak diperbolehkan untuk mendaki sampai ke puncak karena jalurnya yang tergolong sulit. Lokasi tertinggi yang bisa anda capai yaitu di punggungan bukitnya yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit. Medan yang dilalui berupa tanah berpasir yang akan terasa panas saat matahari terik. Untuk itu gunakanlah masker dan topi saat pendakian dan sebaiknya hindari pendakian di siang hari karena cuaca akan terasa lebih terik.

krakatauKrakatau (sumber)

Meskipun di punggungan namun pemandangan yang bisa anda nikmati dijamin cukup untuk membayar semua lelah yang terasa. Anda dapat menikmati panorama alam sekitar yang ada seperti gunung sertung, gunung rakata besar dan gunung rakata kecil yang berada mengelilinginya dan jika anda melihat lebih jauh lagi maka lautan biru akan menjadi suguhan menarik yang tidak akan terlupakan.

Pemandangan di punggungan bukit ini akan semakin eksotis saat menjelang terbenamnya matahari. Keindahan laut selat sunda akan lebih memanjakan mata saat bias matahari menguning di permukaan. Belum lagi dari kejauhan akan tampak kerlap-kerlip lampu bagan nelayan dan lampu kapal-kapal yang lalu-lalang menyeberangi selat sunda.

Puas menikmati anak Krakatau, wisata anda sepertinya akan kurang lengkap jika belum mencoba snorkeling di laut sekitarnya yang sangat bersih dan jernih. Pemandangan bawah lautnya dengan beragam biota laut yang tersedia dijamin akan membuat liburan anda semakin berkesan.

Tips

  1. Hormatilah adat istiadat masyarakat setempat.

  2. Bawalah obat-obatan pribadi bagi anda yang memerlukannya.

  3. Berhati-hatilah saat pendakian, meskipun terbilang cukup ringan namun tetaplah waspada terhadap angin kencang yang bisa datang tiba-tiba. Apalagi sebagian besar jalurnya berupa pasir.

  4. Sebaiknya gunakan masker dan topi untuk melindungi anda dari debu dan teriknya matahari.

Keindahan alam gunung Krakatau dijamin akan membuat anda terpukau. Belum lagi pesona laut di sekitarnya yang sangat indah dan menarik, sepertinya akan semakin melengkapi petualangan anda yang tentunya akan menjadi semakin berkesan. Selamat berwisata!

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerMyspaceRSS

Testimonials

Ternyata ga cuma bisa guide’in nggunung doang mas Ase jg bisa guide’in mantai.. terimakasih udah bkin trip singkat kita menyenangkan, asik, seru, dan cetar badai membahana, apalagi pas loncat jembatan cinta itu sesuatu bgt + unforgettable moment..
thank u mas Ase udah jd guide yg baik + sabar guide’in 9 wanita calon apoteker.. :D
Alvita Widyastuti, Pulau Tidung Februari 2012

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Connect With Us