Gunung Merbabu – Jawa Tengah

Gunung Merbabu – Memiliki ketinggian sekitar 3142 meter di atas permukaan laut (mdpl) pada puncak tertingginya yaitu kenteng songo. Banyak pemandangan indah yang bisa anda nikmati di gunung berjenis stratovulcano ini, salah satunya pemandangan deretan gunung berapi yang dapat anda saksikan selama pendakian.

Lokasi Dan Transportasi

Secara administratif gunung merbabu termasuk dalam tiga wilayah kabupaten yaitu kabupaten magelang, kabupaten salatiga dan kabupaten boyolali.

Gunung merbabu memiliki beberapa jalur pendakian yaitu jalur chuntel dan jalur tekelan di salatiga, jalur wekas di magelang dan jalur selo di boyolali. Banyak pula alternatif transportasi yang bisa digunakan sesuai dengan rute jalur pendakian yang akan anda ditempuh. Jika anda berada di yogya, anda dapat menuju terminal dan naik bus tujuan magelang dengan ongkos sekitar Rp 9.000*). Kemudian dilanjutkan dengan naik bus kecil dan berhenti di persimpangan lokasi wisata bumi perkemahan umbul songo, desa kopeng. Ongkosnya sekitar Rp 8.000*).

Tiba di kopeng anda dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 2,5 Kilometer melewati umbul songo. Tiba di persimpangan lagi, kemudian anda berbelok ke kiri melintasi jalan berbatu dengan pemandangan hutan pinus. Sekitar 500 meter berjalan, di sebelah kiri akan terlihat jalan setapak menanjak masuk ke dalam hutan. Jalan inilah yang akan menuju pos jalur tekelan. Jika akan menuju pos jalur chuntel, anda terus berjalan lurus saja mengikuti jalan bebatuan sampai ke ujung jalan.

Wisata

Di desa chuntel terdapat basecamp yang bisa digunakan pendaki untuk bermalam ataupun menambah persediaan air. Di basecamp ini juga menjual beberapa souvenir seperti stiker, gantungan kunci dan kaos.

Dari basecamp perjalanan selanjutnya adalah menuju pos bayangan 1 yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit. Perjalanan ini melintasi ladang penduduk, kemudian mulai menanjak masuk ke dalam hutan pinus melintasi perbukitan yang berliku dengan kondisi jalur yang berdebu. Setibanya di pos bayangan 1, anda dapat beristirahat di sebuah bangunan sederhana yang ada disana.

Dari sini perjalanan dilanjutkan kembali menuju pos bayangan 2 yang memakan waktu tempuh sekitar 30 menit. Kondisi jalurnya masih sama dengan jalan setapak yang berdebu. Di pos bayangan 2 ini juga terdapat bangunan yang bisa anda gunakan untuk beristirahat. Terdapat pula sumber air yang bisa anda gunakan untuk menambah bekal.

Selanjutnya perjalanan anda kemudian akan tiba di pos 1. Dari sini selanjutnya jalur yang akan anda lalui sudah mulai terbuka. Pepohonan pinus yang tumbuh sudah lebih sedikit dihiasi dengan tumbuhan rumput alang-alang. Sekitar 60 menit perjalanan anda pun akan tiba di pos 2 dan 60 menit berikutnya tibalah anda di pos 3 yang bernama kergo pasar. Lokasinya ditumbuhi padang rumput dengan beberapa pohon pinus yang tumbuh berjauhan. Tak ketinggalan pula bunga edelweiss yang tumbuh menjulang tinggi dapat anda lihat disini.

Dari pos 3 selanjutnya perjalanan anda akan menuju pos 4 atau biasa di sebut pos pemancar atau gunung watu tulis yang berada pada ketinggian sekitar 2896 mdpl. Perjalanan dapat ditempuh dengan waktu sekitar 90 menit, melintasi jalan berdebu yang berliku dan terus menanjak. Di pos pemancar ini berdiri sebuah tower dan sebuah bangunan permanen yang sudah tidak digunakan lagi. Di bangunan inilah biasanya pendaki akan bermalam dan berlindung dari dingin dan panasnya cuaca. Harap barang anda dijaga saat berada disini karena sekawanan monyet akan datang dan mencoba mendekati anda untuk mengambil makanan. Namun jangan khawatir dengan monyetnya karena mereka cukup takut saat anda turut mendekatinya. Pemandangan dari pos 4 ini cukup terbuka luas. Dari kejauhan anda dapat melihat pemandangan puncak gunung sindoro dan gunung sumbing dengan balutan awan di kakinya. Pemandangan bukit-bukit yang menghijau di sekitarnya pun dijamin akan membuat pikiran anda menjadi segar.

Monyet di pos pemancarMonyet di pos pemancar

Selanjutnya perjalanan anda akan kembali turun menuju pos 5 atau pos helipad. Disini terdapat kawah berwarna putih dengan sumber airnya yang bisa anda temukan di sisi kanan kawah yang ditandai dengan adanya pipa air. Harap berhati-hati saat menuju sumber air karena jalurnya cukup terjal dan licin. Gunakanlah pula masker, karena bau belerang akan tercium cukup menyengat.

Perjalanan dilanjutkan, anda akan melintasi jalur yang bernama jembatan setan. Harap berhati-hati saat melangkah di lokasi ini karena jalurnya cukup terjal dengan jurang di sisi kiri dan kanannya. Selesai melewati jembatan setan anda pun akan tiba persimpangan jalan. Pada sisi kiri persimpangan ini anda akan menuju ke puncak syarif dan pada sisi kanan persimpangan anda akan menuju ke puncak kenteng songo dan tugu triangulasi (lokasi pertemuan jalur selo) . Mau kemana tujuan pertama anda ? silakan tentukan sendiri.

puncak syarifPuncak syarif

Perjalanan menuju puncak syarif tidak memakan waktu lama, anda dapat meninggalkan ransel di persimpangan dan naik menuju puncak lalu kembali turun untuk melanjutkan perjalanan menuju puncak kenteng songo yang dapat ditempuh sekitar 20 menit lagi. Setelah melewati dua punggungan dan menaiki tebing maka tibalah anda di puncak kenteng songo yang ditandai dengan beberapa batuan bolong. Pemandangan di atas puncak ini sangat luar biasa indahnya. Anda dapat menikmati pemandangan gunung merapi dengan lebih dekat, terlihat jelas pula gunung sindoro, gunung sumbing, gunung ungaran dan gunung telomoyo dari sisi barat. Sedangkan dari sisi timurnya anda akan melihat pemandangan gunung lawu dengan puncaknya yang unik memanjang.

Puncak kenteng songoPuncak kenteng songo

View gunung merapi dari puncak kenteng songoView gunung merapi dari puncak kenteng songo

Tips

  1. Jika mendaki saat musim kemarau sebaiknya bawalah masker karena sepanjang jalur akan banyak debu. Bawalah pula sunblock untuk melindungi kulit anda dari sengatan matahari langsung.

  2. Sebaiknya lakukan pendakian saat pagi hari karena pemandangannya akan lebih dapat dinikmati.

  3. Sebelum mendaki sebaiknya anda melapor pada pos pendaftaran pendakian dan mendakilah pada jalur yang sudah ditentukan. Jika tidak memungkinkan, jangan paksakan mendaki.

Banyak manfaat yang bisa di dapatkan dalam berwisata alam. Selain dapat menyegarkan pikiran, juga dapat lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Jika anda berencana akan berwisata alam, gunung merbabu dapat menjadi referensinya. Selamat bertualang!

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerMyspaceRSS

Testimonials

Rinjani, gunung yg sudah lama ingin aku datangi…bersama temenku , kami akhirnya memutuskan utk ikut wisata gunung..sungguh keputusan yg tepat, join dengan wisata gunung…disaat puncak keliatan seperti dekat, tp kaki tak mampu melangkah dan tenaga sudah habis..bang widi berusaha membantu kami dengan tali..mengupayakan kami utk bisa sampe ke puncak gunung…sungguh upaya yg luar biasa menurutku, mengubah itin agar perjalanan lebih mudah dan cepat. Temen2 wisata gunung yg asyik 2,gokil dan senantiasa membantu membuat trip ini tambah asyik n berkesan.. Sungguh luar biasa bisa ikut trip ini bersama dengan kalian..Thanks a lot all.. Rinjani aug 2014, Novita Tan Novita <tannovita@yahoo.com>
Tan Novita, Rinjani Agustus 2014

4 Responses to Gunung Merbabu – Jawa Tengah

  1. Thanks infonya min, bermanfaat sekali. Bsk cus ke merbabu deh…

    Reshie 19 Oktober 2015 at 9:29 pm Balas
    • sama2 mas, semoga sukses pendakiannya, hati2 sedang musim kebakaran

      ASe 20 Oktober 2015 at 5:09 pm Balas
  2. wuih tempat wisata gunung merbabu memang kece….

    explore kebumen 30 November 2015 at 10:08 am Balas
    • yoih broh, kece broh

      ASe 2 Desember 2015 at 5:59 am Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Connect With Us