Gunung Rinjani – Nusa Tenggara Barat

Gunung Rinjani – Memiliki ketinggian sekitar 3767 mdpl dan merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Walaupun mendaki gunung ini terbilang cukup sulit namun gunung inilah yang menjadi destinasi favorit bagi kalangan pendaki karena memiliki keindahan pemandangan alam yang sangat luar biasa cantiknya.

Lokasi Dan Transportasi

Gunung Rinjani termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) yang berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Secara administratif termasuk dalam tiga wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Tengah dan Kabupaten Lombok Barat.

Terdapat dua jalur resmi yang umum digunakan untuk pendakian yaitu dari jalur Senaru yang berjarak sekitar tiga jam dari Utara Mataram dan jalur Sembalun yang berjarak sekitar empat jam dari Timur Mataram. Bagi anda yang baru saja tiba di Pelabuhan lembar sebaiknya naik melalui jalur sembalun karena jarak tempuhnya lebih dekat dari sini. Dari pelabuhan anda dapat langsung menuju sembalun dengan naik mobil jenis engkel dengan membayar ongkos sekitar Rp 70.000*). Setibanya di Pos pendaftaran Sembalun anda diharuskan mengisi buku tamu dan membayar uang registrasi sebesar  Rp 10.000*)/orang.

Wisata

Masing-masing jalur pendakian ke puncak gunung rinjani memiliki karakteristiknya tersendiri. Seperti pada jalur senaru, perjalanan anda akan melintasi hutan lebat sehingga pendakian akan terasa lebih sejuk, namun dari jalur ini pendakian menuju puncaknya lebih panjang karena anda akan turun dahulu melewati danau segara anak. Sedangkan dari jalur sembalun perjalanan anda akan melintasi padang savana yang sangat terasa panas saat matahari terik. Namun jalur ini lebih dekat menuju puncak. Jadi tergantung pilihan anda, hendak langsung menuju puncaknya atau menuju danau segara anak terlebih dahulu. Rute yang umum di pilih pendaki biasanya naik melalui jalur sembalun dan turun melalui jalur senaru dengan waktu tempuh normal pendakian selama empat hari.

Perjalanan dari Basecamp Sembalun menuju Pos I dapat ditempuh dalam waktu sekitar 3,5 jam. Medan yang dilalui cukup landai dengan melintasi jalan beraspal sampai akhirnya mulai masuk ke jalan tanah yang mulai ditumbuhi vegetasi padang savana. Dari Pos I kemudian dilanjutkan menuju Pos II yang dapat ditempuh dalam waktu dua jam. Medan yang dilalui masih cukup landai dengan vegetasi yang sama. Pos II ditandai dengan adanya sebuah jembatan besi yang dibawahnya terdapat sumber air. Jika musim kemarau air di bawah ini akan membentuk sebuah genangan pada batuan yang cekung. Pada sisi kiri jembatan inilah terdapat Pos II yang bisa anda gunakan untuk beristirahat.

Pos IIPos II

Dari Pos II perjalanan selanjutnya menuju Pos III. Sebelumnya anda akan tiba dahulu di Pos ekstra III yang bisa ditempuh dalam waktu sekitar dua jam. Medan yang dilalui masih cukup landai dengan vegetasi yang masih sama yaitu berupa padang savana. Di Pos ekstra III dan Pos III inilah biasanya pendaki akan bermalam untuk melanjutkan pendakian keesokan harinya. Kedua Pos ini memiliki bangunan pondok yang bisa digunakan untuk bermalam dan jika tempatnya tidak cukup anda juga bisa mendirikan tenda di lahan datarnya yang cukup luas.

Pos IIIPos III

Dari Pos III selanjutnya pendakian akan menuju pelawangan sembalun yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar enam jam. Disinilah medan yang dilalui akan mulai terus menanjak dan cukup berdebu saat musim kemarau.

Pendakian akan melintasi tujuh buah bukit dimana saat kita sudah mencapai satu puncak bukit maka puncak bukit lainnya sudah menunggu di depan mata. Daerah inilah yang terkenal dengan sebutan bukit penyesalan. Disebut demikian karena setiap pendaki yang melintasi daerah ini biasanya akan merasa menyesal mendaki rinjani. Jika melanjutkan pendakian jalurnya terjal namun jika hendak kembali pulang jalurnya sudah kepalang jauh.

view dari bukit penyesalanview dari bukit penyesalan

Setelah melintasi ke tujuh bukit penyesalan ini barulah anda akan tiba di lokasi yang bernama pelawangan sembalun yang ditandai dengan adanya sebuah plang. Dari sini selanjutnya anda dapat berjalan ke arah kiri menuju camping area yang dapat ditempuh dalam waktu 15 menit melintasi medan yang sudah landai. Di dekat camping area ini pula terdapat sumber air yang bisa anda gunakan.

Pemandangan di pelawangan sembalun sangat luar biasa indahnya. Dari sini anda dapat menikmati panorama indah danau segara anak sambil menunggu waktu terbenamnya matahari. Sungguh sebuah suguhan alam yang sempurna. Disini pula tempat pendaki akan bermalam sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak rinjani esok harinya.

Dini hari biasanya pendaki akan mulai berkemas untuk melakukan summit. Namun kali ini hanya membawa perbekalan logistik, sedangkan tenda dan yang lainnya di tinggal di pelawangan sembalun. Pendakian menuju puncak rinjani dapat ditempuh dalam waktu sekitar tujuh jam dengan melintasi medan yang terjal, berpasir dan berkerikil.

Track ke puncakTrack ke puncak

Pemandangan dari atas puncak gunung rinjani sangat mengagumkan. Dari sini anda dapat menikmati pesona danau segara anak yang berbentuk sabit dan sebuah gunung baru di samping danau. Dari kejauhan tampak pula gunung agung dan beberapa pulau yang dikelilingi birunya laut.

View Di PuncakView Di Puncak

Turun dari puncak dan kembali menuju pelawangan sembalun, selanjutnya anda dapat meneruskan perjalanan menuju danau segara anak yang dapat ditempuh dalam waktu lima jam dengan medan yang akan terus menurun. Dari segara anak ini perjalanan menuju pelawangan senaru dapat ditempuh dalam waktu sekitar dua jam, kemudian dari pelawangan senaru menuju pintu gerbang pendakian senaru dapat ditempuh dalam waktu tujuh jam.

camp area segara anakcamp area segara anak

Tips

  1. Bawalah air yang cukup dari pos pendakian karena lokasi sumber air selanjutnya cukup jauh untuk di tempuh.

  2. Jika melalui jalur sembalun sebaiknya pakailah sunblock atau penutup kepala seperti topi karena jalur ini lebih di dominasi padang savana yang akan sangat terasa panas saat matahari terik.

  3. Berhati-hatilah saat berjalan menuju puncak karena jalurnya yang berpasir dan berkerikil.

  4. Jika anda hobi memancing sebaiknya bawalah kail dan alat pancing lainnya karena di danau segara anak banyak terdapat ikan yang cukup besar untuk di pancing.

  5. Sempatkan diri anda untuk berendam di air panas yang berada tidak jauh dari danau segara anak. Dijamin akan membuat tubuh anda segar kembali.

Gunung Rinjani merupakan lokasi favorit pendakian, baik pendaki lokal maupun mancanegara. Tak jarang  banyak turis asing yang datang kesini untuk menikmati semua pesona alam yang disuguhkannya. Jika anda termasuk orang yang hobi mendaki, sebaiknya jangan lewatkan gunung yang satu ini. Dijamin akan menghadirkan kesan tersendiri bagi anda. Selamat mendaki!

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerMyspaceRSS

Testimonials

“Thank u Ase, nice trip n good service like tent, cooking n your story telling, next time i will call u again for our next adventure with my sisters n my brother”

email : cool_inde_x@yahoo.com

Elly, Papandayan Februari 2012

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Connect With Us