Gunung Semeru – Jawa Timur

Gunung Semeru – Siapa yang tidak mengenal gunung satu ini ? Merupakan gunung berapi aktif tertinggi di pulau jawa dengan ketinggiannya yang mencapai 3676 Mdpl. Gunung dengan puncaknya yang bernama Mahameru ini menyimpan banyak keindahan alam yang sangat luar biasa cantiknya. Maka tidaklah mengherankan jika gunung ini menjadi salah satu tempat favorit bagi kalangan pendaki, baik pendaki lokal maupun mancanegara.

Lokasi Dan Transportasi

Secara administratif gunung semeru termasuk dalam wilayah Kabupaten Malang dan Lumajang. Untuk mendakinya anda dapat menuju desa ranupani yang merupakan desa terdekat di kaki gunung semeru. Sebelumnya jika anda berada di malang, anda dapat naik angkot menuju terminal arjosari dengan ongkos sekitar Rp 5.000*). Dari terminal arjosari anda dapat melanjutkan perjalanan dengan naik angkot lagi tujuan pasar tumpang, ongkosnya sekitar Rp 6.000*). Setibanya di pasar tumpang anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menumpang truk atau menyewa Jeep. Ongkos sewa jeep sekitar Rp 500.000*) untuk satu kali jalan dengan tampungan maksimal 15 orang dan memakan waktu tempuh perjalanan sekitar 2-3 jam menuju desa ranupani.

Wisata

Waktu yang diperlukan mulai berangkat dari malang sampai mendaki gunung semeru dan kembali lagi ke malang adalah sekitar 4 (empat) hari. Waktu tersebut sepertinya akan cukup bagi anda yang ingin merasakan semua keindahan alam di tempat ini. Saat pertama datang di desa ranupani di ketinggian 2100 mdpl ini, anda akan disambut dengan pemandangan danau (ranu) pani dan danau regulo di sebelahnya, tentunya dengan suasana hawa sejuk yang menyegarkan pikiran.

Dari desa ini terdapat 2 (dua) jalur yang biasa digunakan pendaki yaitu jalur ayek-ayek dan jalur watu rejeng. Jalur ayek-ayek cukup curam karena melewati gunung ayek-ayek. Awal jalur ini dengan melintasi ladang penduduk kemudian mulai menanjak, sampai tiba di puncak barulah perjalanan anda akan terus menurun sampai menuju ranukumbolo. Jalur yang paling sering digunakan adalah jalur watu rejeng karena lebih landai dan aman. Di jalur ini anda akan melintasi hutan pinus dan cemara serta menemukan beberapa pos peristirahatan yang ditandai dengan sebuah pondok. Perjalanan akan semakin menarik saat anda tiba di sebuah tebing karena dari atas sini anda dapat melihat pemandangan lembah hijau yang menyegarkan mata. Dari kejauhan tampak pula pemandangan puncak mahameru dengan kepulan asapnya dan di sisi lain anda dapat menyaksikan pemandangan lautan dengan pantainya yang membentuk garis putih melengkung. Luar biasa!

Setelah berjalan beberapa jam, anda akan kembali dikejutkan dengan pemandangan indah danau ranukumbolo. Danau di ketinggian 2400 mdpl ini merupakan salah satu daya tarik semeru dan disinilah biasanya para pendaki akan bermalam baik saat baru datang maupun setelah pulang dari puncak mahameru. Pesona yang diberikan danau ini sangatlah menakjubkan, selain kebun bunga edelweisnya yang sangat terkenal itu, saat pagi hari anda pula dapat melihat matahari yang muncul tepat diantara dua bukit.

ranukumboloRanukumbolo

senja di ranukumboloSenja di ranukumbolo

Berlalu dari ranukumbolo, perjalanan anda akan melewati sebuah tanjakan yang bernama tanjakan cinta. Mitosnya jika kita mampu melewati tanjakan ini sampai ke atas bukit tanpa berhenti dan tanpa menoleh ke belakang, maka cintanya akan berakhir bahagia. Boleh percaya boleh tidak, silakan mencoba. Pemandangan dari atas bukit ini tak kalah indahnya dengan tempat lain, jika menoleh ke belakang anda dapat menyaksikan kembali pesona danau ranukumbolo dengan lebih luas. Selanjutnya jika anda terus berjalan ke depan, anda akan disuguhkan dengan pemandangan padang rumput yang bernama oro oro ombo. Lokasi ini dikelilingi oleh bukit dengan lerengnya yang dihiasi pepohonan pinus. Berjalan di tengah oro oro ombo yang indah ini seakan membangkitkan kembali semangat mendaki.

oro oro ombooro oro ombo

Perjalanan anda selanjutnya lagi akan masuk ke dalam hutan cemara yang bernama cemoro kandang. Disini anda akan melintasi jalan setapak sampai akhirnya tiba di lokasi pos peristirahatan yang diberi nama kalimati. Terdapat sumber air yang bisa anda temukan disini yang bernama sumber mani. Pos kalimati merupakan tempat biasa para pendaki bermalam sebelum mulai summit menuju mahameru. Biasanya mereka baru mulai kembali berangkat saat menjelang dini hari dengan meninggalkan tenda dan hanya membawa logistik karena menjelang siang mereka akan kembali lagi kesini.

kalimatiKalimati

Dari kalimati perjalanan selanjutnya adalah menuju arcopodo di ketinggian 2900 mdpl. Melintasi hutan cemara dengan jalurnya yang sering longsor dan berdebu, untuk itu sangat disarankan menggunakan masker dan dalam keadaan ekstra hati-hati saat melintasi jalur ini. Arcopodo merupakan batas vegetasi terakhir yang akan anda lalui karena jalur selanjutnya akan melintasi bukit pasir yang cukup curam dan licin yang membutuhkan waktu sekitar empat jam untuk sampai di puncak mahameru. Dari atas puncak mahameru semua perjuangan anda dijamin akan terbayar dengan suguhan pesona alamnya. Menikmati sunrise, merasakan desiran angin dan melihat lebih luas, menjadikan anda orang tertinggi di tanah jawa.

mahameruMahameru

Tips

  1. Persiapkanlah semua peralatan standar pendakian anda.
  2. Carilah informasi yang jelas mengenai kondisi gunung semeru terkini.
  3. Olahraga yang teratur, beberapa minggu sebelum memulai pendakian.
  4. Hormatilah adat-istiadat yang berlaku di daerah setempat.
  5. Jangan membuang sampah sembarangan dan bawalah kembali turun sampah yang anda hasilkan.

Mendaki gunung semeru akan membuat kesan tersendiri bagi anda. Pemandangan alam danau ranukumbolo yang cantik dan padang savananya yang unik dijamin akan membuat perjalanan anda lebih menyenangkan. Selamat berwisata!

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerMyspaceRSS

Testimonials

Hallo mas wid.. udah gw tahan” mau ngeluarin semua cerita.. hahaha #lebay Kalo dari gw : Untuk team WG kece” ada beberapa temen cerita, ada EO yg bukan menyemangati peserta tp malah menjatuhkan saat proses pendakian (ga sebut merek) 😀 tp yg gw rasain di WG kemarin luar biasa menyemangati dan kasih motovasi. Gw banyak belajar dari pendakian kemarin, persahabatan : ketika banyak mendapatkan teman baru dan sampai skrng gw ngerasa kaya punya keluarga yg baru haha, kesetiaan, cinta, dan yang paling terutama adalah mengalahkan “Ego” di dalam diri sendiri. “Puncak dari sebuah gunung adalah Bonus, tapi yang paling penting adalah “Puncak Diri Sendiri”.” Siap untuk pendakian berikutnya.. 😀 Sukses terus buat WG dan terus sama” mencintai alam kita Indonesia. Thank You Rasel & Ellen

Rasel Artdian<rachelartdian@gmail.com>

Rasel & Ellen, Semeru Edisi Lebaran 2014

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Connect With Us