Gunung Seminung – Oku Selatan

Gunung Seminung – Memiliki ketinggian sekitar 1881 meter diatas permukaan laut (mdpl). Tidak begitu tinggi memang, namun siapa sangka pemandangan yang disajikan dari puncak gunung ini cukup membuat mata terpukau. Selain bunga edelweiss yang bisa ditemukan di puncaknya, sajian pemandangan danau yang terbentang tampaknya akan membuat petualangan anda menjadi semakin berkesan.

Lokasi Dan Transportasi

Gunung Seminung termasuk dalam dua wilayah provinsi, tepatnya di kecamatan Warkuk Ranau Selatan, provinsi Sumatera Selatan dan kecamatan Sukau, Provinsi Lampung.

Terdapat beberapa alternatif transportasi umum yang bisa anda gunakan untuk menuju lokasi, baik melalui Lampung, Bengkulu maupun dari Kota Palembang, Sumatera Selatan. Jika perjalanan anda dari Jakarta ataupun lampung, anda dapat naik bus jurusan ke Simpang Sender Liwa dan turun di Desa Kotabatu. Jika dari Bengkulu ataupun dari Palembang anda dapat naik bus jurusan ke Baturaja kemudian berganti angkutan jurusan Baturaja-Simpang Sender dan turun di desa Kotabatu.

Setibanya di Desa Kotabatu anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan perahu motor milik masyarakat setempat yang berada di tepian danau ranau untuk menuju ke sumber pemandian air panas di kaki gunung seminung. Penyeberangan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 20 menit dengan membayar ongkos sekitar Rp 150.000*) untuk satu perahu sekali jalan.

Wisata

Mungkin belum banyak yang mengetahui tentang gunung seminung. Memang gunung ini kurang populer dibandingkan dengan gunung lain di sekitarnya seperti gunung dempo, bukit serelo dan gunung pesagi, namun pesona alam yang disajikan gunung seminung tak kalah bersaing karena banyak lokasi menarik yang bisa anda nikmati. Walaupun ketinggiannya hanya mencapai 1881 mdpl, anda bisa menemukan bunga edelweiss di puncaknya yang tentunya tak bisa anda temukan di gunung dempo maupun bukit serelo.

Untuk tiba di kaki gunung seminung anda harus menyeberangi danau ranau terlebih dahulu. Danau ranau merupakan danau terluas ke-dua di Sumatera dengan luasnya yang mencapai sekitar 8 x 16 Km. Setibanya di kaki gunung seminung, anda dapat menemukan pemandian air panas alami yang dibuka untuk umum. Anda dapat merasakan berendam di pemandian ini baik sebelum melakukan pendakian ataupun saat turun nanti dengan cukup membayar uang masuk sebesar Rp 2.000*) saja.

View Danau RanauView Danau Ranau (sumber)

View gunung seminungView gunung seminung (sumber)

Umumnya untuk menuju puncak seminung dapat ditempuh dalam waktu sekitar dua jam pendakian. Dari lokasi pemandian air panas ini anda dapat berjalan ke arah kanan menyusuri tepian danau kemudian mulai masuk jalan setapak yang akan terus menuju puncak. Medan yang dilalui cukup terjal dengan melintasi perkebunan kopi milik masyarakat setempat. Pada beberapa lokasi anda akan melintasi jalur tanah yang sudah dibuat tangga oleh petani kopi sehingga cukup memudahkan untuk dilalui. Jika beruntung, selama pendakian anda dapat pula mendengar suara hewan-hewan seperti siamang dan kicauan burung yang biasanya terdengar saat pagi hari.

Setelah mendaki sekitar 90 menit anda akan tiba di sebuah lokasi yang terdapat bangunan mushollah dan disinilah anda dapat menemukan sumber air terakhir. Terus berjalan sekitar 10 menit dari mushollah maka anda akan tiba di pintu rimba pada ketinggian sekitar 800 mdpl.

Melewati pintu rimba maka vegetasi sudah mulai masuk hutan tropis yang akan terus dilalui sampai menuju puncak. Tiba di puncak gunung seminung anda akan menemukan sebuah gubuk kecil yang beratap seng. Lokasinya tidak begitu luas dan banyak pohon kering yang menghitam disana akibat kebakaran beberapa tahun lalu. Namun walaupun demikian tetap tidak menghilangkan keindahan yang ada. Ilalang yang tumbuh dengan sekumpulan bunga edelweissnya, seakan hadir menghiasi lokasi tersebut dan jika anda lebih jauh memandang sekitar, akan tampak pula pemandangan danau ranau yang dikelilingi hijaunya perbukitan. Sungguh pemandangan yang tidak akan bisa anda lupakan.

View danau dari atas gunung seminungView danau dari atas gunung seminung (sumber)

Tips

  1. Bawalah air yang cukup sebelum melakukan pendakian karena sepanjang jalur pendakian tidak akan ditemui sumber air.

  2. Sebaiknya sempatkan diri anda untuk merasakan hangatnya berendam di pemandian air panas yang berada di kaki seminung.

  3. Saat musim penghujan datang waspadalah terhadap binatang pacet yang biasanya banyak di sepanjang jalur pendakian.

  4. Mintalah nomor kontak perahu motor yang mengantar anda sebelumnya agar bisa janjian untuk menjemput kembali saat hendak kembali pulang.

  5. Hormatilah adat istiadat yang berlaku di daerah setempat dan sebaiknya mintalah izin kepada kuncennya sebelum melakukan pendakian.

  6. Sebaiknya datanglah saat bulan Juli-Agustus, biasanya bunga edelweiss sedang bermekaran pada bulan-bulan tersebut.

Gunung seminung memiliki pesona alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Keadaannya yang masih sangat alami dengan berbagai flora dan fauna yang dimiliki sepertinya cukup beralasan untuk anda mengunjunginya. Selamat berwisata!

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerMyspaceRSS

Testimonials

temen temen, pendakian sumeru kemarin membuat gw mengerti apa artinya perjalanan. arti persahabatan dan karakter setiap orang2. disini gw paling lemah, tp dari kelemahan gw kemaren, gw jadi melihat & terbuka, gimana gw bisa lbih baik lagi  thanks ya mas ase, mas widi, mas ari & mas rizky, sikap kalian mengajarkan gw untuk lebih bisa mempunyai karakter care terhadap sesama,  thanks buat temen temen semua, kak itha, nofee, mas derry, iwan, benny (dimasa masa perjalanan terakhir, thanks ya ben buat ceritanya, keren…), mas widi, dennis, thank for all.. God bless u pokknya keren banget buat perjalanannya…. topppppppppp abisssssssss, pengalaman yang paling keen seumur hidup gw, & gw ga bs ngomong apa apa selain kerenn bangetttt uuummmuuaaachhhhhh
Ana, Semeru Juni 2014

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Connect With Us