Gunung Talamau – Sumatera Barat

Gunung Talamau – Merupakan salah satu gunung api yang sudah tidak aktif lagi. Memiliki ketinggian sekitar 2982 mdpl yang merupakan gunung tertinggi di Provinsi Sumatera Barat. Gunung yang berjenis tumbuhan hutan dari famili Dipterocarpaceae dan famili lauraceae ini menyimpan banyak pesona pemandangan alam dengan keunikannya sendiri. Salah satunya adalah pemandangan 13 buah telaga yang terlihat dari puncaknya. Uniknya setiap pendaki yang datang akan melihat telaga ini dengan jumlah yang berbeda-beda.

Lokasi Dan Transportasi

Secara administratif gunung talamau berada di desa pinaga, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera barat. Di desa pinaga inilah titik awal pendakian anda yang merupakan jalur resmi menuju puncak talamau.

Tidaklah sulit akses transportasi untuk menuju desa ini. Dari kota padang anda dapat naik angkot menuju terminal bingkuang terlebih dahulu dengan ongkos sekitar Rp 3.000*). Tiba di terminal bingkuang, kemudian anda naik bus jurusan terminal pasaman, ongkosnya sekitar Rp 25.000*). Dari terminal pasaman kemudian naik angkot jurusan desa pinaga, ongkosnya sekitar Rp 5.000*).

Tiba di desa pinaga anda dapat berjalan kaki menuju posko 1 yang berada tidak jauh dari jalan raya simpang empat – Panti. Disini anda harus mengurus ijin pendakian terlebih dahulu dan membayar uang restribusi sebesar Rp 10.000*) per orang. Selain itu pula akan dilakukan pendataan terhadap perlengkapan dan logistik yang dibawa.

Wisata

Mendaki gunung Talamau dapat ditempuh dengan waktu normal sekitar 12 jam. Meskipun pendakiannya cukup menguras tenaga namun semua itu sebanding dengan panorama alam yang disuguhkannya. Banyak terdapat objek menarik yang akan ditemui, yang tentunya akan menjadikan gunung ini sangat istimewa di mata mereka yang memandangnya.

Perjalanan dari posko 1 Desa Pinaga (320 mdpl) menuju posko 2 Pondok Bukit Harimau Campo (710 mdpl) membutuhkan waktu tempuh sekitar 2,5 jam. Melintasi jalur berbatu yang masih landai dengan pemandangan perkebunan dan ladang penduduk. Jika tidak ingin capek, anda dapat menggunakan jasa ojek dari posko 1 dengan membayar ongkos sekitar Rp 15.000*).

Tiba di posko 2 terdapat sebuah bangunan pondok yang dihuni oleh seorang volunter gunung talamau bernama danil. Beberapa meter dari sini juga terdapat air terjun yang bernama Puti Lenggo Geni. Jika ingin berlama-lama disini, anda dapat bermalam di sekitar air terjun karena terdapat sebuah area yang cukup luas untuk mendirikan tenda.

Perjalanan selanjutnya adalah menuju posko 3 Pondok Rindu Alam (1100 mdpl) yang dapat memakan waktu tempuh sekitar 2,5 jam. Lokasi posko ini hanya berupa lahan datar tanpa adanya bangunan pondok. Terdapat pula sumber air dari sebuah sungai kecil yang bisa anda gunakan. Posko ini juga biasa di sebut Posko Sari Bunyibunyian karena banyaknya suara binatang seperti burung dan serangga yang bisa anda dengar. Sebaiknya selalu periksa keadaan tubuh anda saat berada disini karena banyak terdapat binatang pacetnya. Jika memungkinkan, sebaiknya anda tidak berlama-lama beristirahat disini.

Selanjutnya perjalanan anda akan menuju posko 4 Bumi Sarasah (1860 mdpl) yang dapat ditempuh sekitar tiga jam perjalanan. Di posko ini terdapat sebuah bangunan pondok yang bisa anda gunakan untuk beristirahat. Terdapat pula sumber air dari sungai kecil yang bisa anda gunakan untuk menambah bekal minum.

Terus berjalan mengikuti jalur setapak yang mulai terjal sampai sekitar 2,5 jam lagi maka tibalah anda di posko 5 Paninjauan (2500 mdpl). Di posko ini juga terdapat bangunan pondok dan sumber air.

View Posko 5 PaninjauanView Posko 5 Paninjauan (sumber)

Dari sini selanjutnya perjalanan anda menuju Basecamp Rajawali Putih (2880 mdpl) yang dapat di tempuh dengan waktu sekitar 75 menit. Berjalan melintasi jalur tanjakan dan jalur air maka anda akan tiba dulu di sebuah dataran terbuka dengan hamparan padang rumput yang cukup luas. Tempat ini bernama Padang Siranjano.

Pemandangan disini sangat luar biasa indahnya karena selain anda dapat melihat binatang penghuninya seperti Tapir, Kijang dan Rusa, anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan 13 buah telaga. Masing-masing telaga ini memiliki namanya sendiri, yaitu Talago Putih Sangka Bulan, Talago Tapian Sutan Bagindo, Talago Tapian Puti Mambang Surau, Talago Siuntuang Sudah, Talago Puti Bungsu, Talago Rajo Dewa, Talago Satwa, Talago Lumuik, Talago Biru, Talago Mandeh Rubiah, Talago Imbang Langik, Talago Cindua Mato dan Talago Buluah Parindu.

Berjalan sedikit menyusuri padang rumput ini maka anda akan tiba di basecamp rajawali putih. Basecamp ini persis berada di pinggir telaga yang bernama putih sangka bulan. Merupakan telaga yang paling indah dengan airnya yang sangat jernih. Anda dapat bermalam disini karena lokasinya cukup luas untuk mendirikan tenda.

Talago Putih Sangka BulanTalago Putih Sangka Bulan (sumber)

Dari Padang Siranjano ini sudah terlihat puncak gunung talamau yang ditandai dengan adanya sebuah tiang dengan kubah di atasnya. Perjalanan ke puncak dapat memakan waktu sekitar 30 menit lagi dengan melewati medan berupa cadas. Terdapat tiga puncak yang bisa anda jumpai, puncak pertama bernama Trimarta yang merupakan puncak utama, selanjutnya Puncak Rajawali dan terakhir Puncak Rajo Dewa.

Pemandangan dari atas puncak sangat terbuka luas. Disinilah anda dapat melihat semua telaga yang ada. Dari kejauhan terlihat pula pemandangan gunung marapi, gunung singgalang, gunung talang dan gunung tandikek yang tampak berdiri kokoh.

view telaga dari puncak talamauView telaga dari puncak Gn. Talamau (sumber)

Gunung Talamau merupakan gunung wisata yang sangat terawat dan dijaga kebersihannya. Untuk itu setiap pendaki yang datang diharapkan turut berperan serta dalam menjaga keasrian dan kealamiannya agar keindahan yang disuguhkan ini kelak dapat dinikmati pula oleh anak cucu kita.

Tips

  1. Selain persiapan peralatan pendakian yang memadai, persiapkan pula beberapa dokumen untuk syarat perijinan pendakian di posko 2 pondok bukik harimau campo nantinya. Dokumen tersebut antara lain Copy KTP, surat ijin orang tua bagi pendaki remaja dan surat dari organisasi jika pendaki berasal dari suatu organisasi.

  2. Di posko 3 Pondok Rindu Alam banyak terdapat binatang pacet. Sebaiknya selalu periksa keadaan tubuh anda karena binatang ini sering menempel di tubuh.

  3. Patuhilah setiap larangan yang berlaku di gunung ini dan berdoalah sebelum memulai pendakian.

  4. Sebaiknya sempatkan diri anda untuk mengunjungi air terjun puti lenggo geni yang berada tidak jauh dari posko 2 pondok Bukit Harimau Campo.

Gunung Talamau menyimpan banyak keindahan alam yang masih sangat terjaga keasrianya. Panorama air terjunnya yang indah disambut dengan suara kicauan burung liarnya. Belum lagi pemandangan 13 telaga yang bisa anda nikmati dari atas puncak, dijamin akan membuat perjalanan anda lebih berkesan. Selamat berwisata!

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerMyspaceRSS

Testimonials

Halo gw Muhammad Benny Prakoso,gw salah satu peserta Trip Wisata Gunung Mt.Gede & Mt.Semeru.Wisata Gunung,kalo pendapat gw pribadi,buat kenyaman trip sih ok,cukup puas dan cukup terjamin.Karna prosedur yang tercantum di website dan saat di lapangan benar-benar di realisasikan.Untuk Crew nya ok semua,ga ada masalah,asik2 dan gokil2… Tapi ok kok buat semuanya,mudah2an gw bisa ikut trip Wisata Gunung Rinjani tahun baru. Sukses selalu buat Wisata Gunung…:) Dan terima kasih juga buat Wisata Gunung,karna dari trip ini gw mendampatkan bonus dari pendakian,yaitu CINTA….Ngahahahaha Makasih Makasih … 😀  

Benny Prakoso<bennyprakoso@yahoo.com>

Benny Prakoso, Semeru Juli 2014

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Connect With Us