Gunung Tujuh – Jambi

Gunung Tujuh – Sesuai dengan namanya, terdiri dari tujuh buah gunung yang berdiri melingkar dalam satu kesatuan. Yang menarik dan sangat terkenal dari gunung tujuh ini adalah terdapat sebuah danau di atasnya yang bernama danau gunung tujuh, dimana danau ini dikelilingi oleh tujuh gunung tadi. Dengan ketinggian danau yang berada pada 1950 meter diatas permukaan laut (mdpl), menjadikannya sebagai danau tertinggi di Asia Tenggara. Tidak hanya itu, panorama alam yang disuguhkan juga tak kalah indahnya. Menikmati malam di pinggir danau ini dijamin akan menghadirkan kesan yang takkan bisa dilupakan pengunjungnya.

Lokasi Dan Transportasi

Gunung tujuh termasuk dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang berada di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Untuk menuju kesini tidaklah susah mencari transportasinya karena rutenya masih sejalan dengan tujuan ke gunung kerinci. Dari jambi anda dapat naik bus menuju sungai penuh yang dapat ditempuh dalam waktu 12 jam dengan ongkos sekitar Rp 95.000*). Kemudian dari sungai penuh anda naik angkutan desa (angdes) tujuan desa pelompek. Ongkosnya sekitar Rp 15.000*) dengan waktu tempuh sekitar 90 menit perjalanan. Jika dari Padang, anda dapat naik travel atau sejenis Elf yang menuju Kerinci dan berhenti di desa Kersik Tuo atau berhenti di persimpangan jalan yang menuju desa pelompek. Ongkosnya sekitar Rp 90.000*) dengan lama perjalanan sekitar dua jam. Kemudian dari sini anda dapat naik angdes yang menuju desa pelompek dengan ongkosnya sekitar Rp 5.000*).

Dari desa pelompek anda dapat berjalan kaki menuju kantor resort TNKS yang jaraknya cukup dekat. Disini anda harus membayar uang restribusi Rp 2.500*) per orang.

Wisata

Gunung tujuh biasanya akan ramai dikunjungi saat menjelang masa liburan. Terutama tiap hari sabtu, gunung ini akan semakin ramai dikunjungi masyarakat lokalnya. Kebanyakan mereka yang datang hanya untuk bermalam di pinggiran danaunya, menikmati pemandangan yang ada untuk melepas penat setelah seharian bekerja.

Biasanya pula setiap pendaki yang mendaki gunung kerinci akan mampir ke gunung tujuh ini. Baik saat setelah turun dari gunung kerinci maupun saat baru tiba. Bisa dikatakan gunung ini merupakan bonusnya atau pendakian pemanasan sebelum mendaki gunung kerinci.

View Gunung Tujuh dari KerinciView Gunung Tujuh dari Kerinci (sumber)

Untuk mendaki sampai ke danau gunung tujuh ini hanya diperlukan waktu sekitar tiga jam. Awal pendakian dari gerbang pos TNKS medan yang dilalui masih berupa jalan setapak yang cukup landai dengan melintasi ladang penduduk. Sampai di penghujung jalan barulah pendakian akan masuk ke dalam hutan rapat dengan medan yang mulai terus menanjak. Tanjakan ini akan berakhir di sebuah puncak dengan lahan datar yang cukup luas. Dari puncak ini kemudian perjalanan mulai menuruni jalur yang cukup terjal. Sekitar 15 menit perjalanan menurun maka tibalah anda di tepian danau gunung tujuh.

Berada di tepi danau ini merupakan surga dunia yang mampu membuat takjub setiap mata yang memandangnya. Hamparan air danau yang tampak asri dan bersih dihiasi dengan pemandangan hutan yang menghijau dengan tujuh puncak gunung di sekelilingnya dijamin akan membuat anda terpukau. Belum lagi suara kicau burung dan gemuruh air terjun yang terdengar, seakan melengkapi suasana indah disini.

View Danau Gunung TujuhView Danau Gunung Tujuh (sumber)

Jika ingin bermalam, di sekitar tepian danau banyak terdapat lahan datar yang cukup luas untuk mendirikan tenda. Menikmati malam disini merupakan satu hal yang sangat sayang untuk dilewatkan. Suasananya yang tenang dengan hembusan semilir angin yang cukup dingin dijamin akan membuat damai suasana hati. Belum lagi dengan kehadiran sang bulan yang memantulkan sinarnya membias ke air danau, menambah cantik suasana malam. Menjelang pagi, pemandangan sunrise yang cantik pun akan datang menyambut anda. Jangan lewatkan momen ini.

sunrisesunrise (sumber)

Banyak hal yang bisa dilakukan di sekitar gunung tujuh ini. Jika menyukai tantangan, anda dapat berkeliling mengitari tujuh gunungnya. Masing-masing gunung ini memiliki namanya sendiri yaitu Gunung Hulu Tebo, Gunung Hulu Sangir, Gunung Madura Besi, Gunung Lumut, Gunung Selasih, Gunung Jar Panggang dan terakhir Gunung Tujuh.

Tiba di danau ini sepertinya kurang lengkap jika tidak mencoba bermain airnya. Anda dapat berenang dan merasakan dinginnya air ini. Namun harap berhati-hati, sebaiknya jangan berenang terlalu jauh dan lakukan olahraga ringan terlebih dahulu sebelum mulai masuk ke dalam air.

Di danau ini juga banyak terdapat ikannya. Jika ingin puas, anda dapat memancing ikan disini atau dapat pula berkeliling danau dengan menyewa sebuah perahu milik nelayan yang ada di danau. Perahunya cukup unik, terbuat dari sebatang kayu besar yang di keruk isinya hingga menyerupai perahu.

Danau Gunung Tujuh dengan perahu nelayannyaDanau Gunung Tujuh dengan perahu nelayannya (sumber)

Tips

  1. Suhu di sekitar danau ini cukup dingin, sebaiknya bawalah perlengkapan anda seperti jaket dan tenda jika hendak bermalam. Bawalah pula bekal makanan sendiri karena di danau ini tidak akan ditemui penjual makanan.

  2. Mengingat sulitnya angkutan untuk kembali ke jalan raya, sebaiknya mintalah nomor kontak sopir angkot atau ojek agar perjalanan pulang anda dapat dijemput dari kantor resort TNKS.

Gunung tujuh menyimpan banyak panorama alam yang cantik dan unik. Hutannya yang masih asri dan alami dihuni oleh beberapa Flora dan Fauna yang bisa anda jumpai di sepanjang jalur pendakiannya, akan menghadirkan kesan tersendiri yang tidak akan terlupakan. Selamat berlibur!

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerMyspaceRSS

Testimonials

Sebelumnya saya ngucapin banget makasih kang sama WISATA GUNUNG & TEAM buat Trip Semeru kemarin tepatnya 27 Mei- 1 Juni, Saya sangat senang dengan Trip itu kang, saya sangat dapat banyak pelajaran terutama bagus banget buat bangun kepribadian ataupun mencari jati diri ya kang hhe lebay yah kang. Saya bukan seorang pendaki handal bukan seorang traveler berpengalaman. Suasana baru, lingkungan baru, bahkan teman baru yang seorang pun tidak saya kenal bisa menjadi teman yang sampai saat ini kita semua Alhamdulillah masih bisa menjalin silaturahmi antar satu sama lain, itu juga berkat Wisata Gunung juga saya bisa punya teman baru punya pengalaman baru thanks banget WG & Team, disinipun saya hanya ingin menyampaikan rasa terimakasih saya sama kang ASE sama WG sama team Guide juga , dari pihak kalian semua juga saya bisa ada jalan untuk menginjakan kaki di Gunung Semeru.
Fajril, Semeru Mei 2014

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Connect With Us