Tips Meninggalkan Barang Di Gunung

tenda

Meninggalkan barang atau juga dikenal dengan istilah menimbun barang merupakan salah satu hal yang sering dilakukan pendaki. Meninggalkan barang disini maksudnya bukan berupa sampah yang anda hasilkan melainkan beberapa perlengkapan dan peralatan yang tidak diperlukan untuk dibawa. Hal ini biasa dilakukan agar dapat meringankan beban yang dibawa sehingga dapat mempercepat waktu tempuh dalam pendakian menuju puncak.

Banyak hal yang menjadi alasan pendaki untuk meninggalkan barang-barang mereka, beberapa diantaranya adalah akan turun kembali pada jalur yang sama, barang yang mereka bawa dinilai sudah tidak bermanfaat atau juga waktu pendakian menuju puncak yang tidak jauh lagi dari camp area sehingga dapat dilakukan tektok.

Pada masa sekarang ini, kegiatan mendaki bukan lagi menjadi hal yang awam di kalangan masyarakat luas. Bahkan pada beberapa gunung terkadang jumlah pendaki yang datang dapat melebihi jumlah kuota yang disarankan, hal ini biasanya terjadi pada saat hari-hari libur. Meninggalkan barang di gunung tanpa ada pengawasan sangat beresiko terhadap pencurian, baik pencurian yang dilakukan oleh manusia itu sendiri ataupun hewan seperti monyet. Apalagi jika barang tersebut berada di lokasi terbuka yang gampang terlihat seperti misalnya pada lokasi shelter. Lalu bagaimana agar barang yang anda tinggalkan dapat lebih aman?

Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan ketika hendak meninggalkan barang.

1.      Menitip pada pendaki lain.

Beberapa pendaki yang bertemu di gunung biasanya akan lebih cepat akrab. Tentunya hal ini akan sangat membantu anda untuk meminta tolong pada mereka. Ketika mereka akan menginap di lokasi yang sama dan anda hendak berangkat menuju puncak, anda dapat menitipkan barang-barang kepada mereka. Tentunya dengan pertimbangan waktu anda pula karena pastinya mereka juga memiliki manajemen waktunya sendiri.

Satu hal yang harus anda ingat, Jangan meninggalkan barang di lokasi shelter tanpa penjagaan dan jangan pula menitipkannya pada sembarang orang. Sebaiknya titiplah kepada mereka yang sudah anda kenal lebih dalam, baik dari segi perilakunya sampai dengan asal-usulnya.

2.      Carilah lokasi strategis.

Ketika anda diharuskan meninggalkan barang tanpa penjagaan, sebaiknya carilah lokasi yang strategis untuk menyembunyikannya. Mencari lokasi strategis dapat anda lakukan dengan mengadakan survey pada beberapa tempat terlebih dahulu.

Beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan adalah tidak berada tepat di shelter dan juga tidak berada jauh dari lokasi shelter. Pertimbangan ini cukup beralasan karena jika berada tepat di shelter biasanya orang akan berjalan-jalan, baik sekedar berfoto ataupun mencari kayu bakar sehingga lebih rentan untuk ditemukan. Tidak pula jauh dari lokasi shelter karena di khawatirkan anda akan lupa lokasinya, terlebih lagi jika terlewat, tentu akan menghabiskan waktu jika anda harus kembali mendaki hanya untuk mencari lokasinya bukan ?. Lokasi yang baik adalah terletak beberapa meter dari shelter dengan areanya yang tertutup dan jarang dilalui pendaki.

3.      Packing

Packinglah barang-barang anda dengan baik, jangan dibiarkan begitu saja. Anda dapat memasukkan semuanya pada satu tempat. Jika anda meninggalkan barang dengan penjagaan, anda dapat memasukkan semuanya ke dalam tenda namun jika tidak ada yang menjaga, anda dapat memasukkan semuanya ke dalam ransel tanpa ada satu pun yang bergantungan di luarnya sehingga dapat lebih aman untuk kemudian di sembunyikan pada tempat yang strategis. Usahakan jangan ada sisa-sisa makanan di sekitar lokasi penyimpanan karena lebih rentan terhadap gangguan binatang liar.

4.      Kamuflase.

Maksud dari kamuflase disini adalah menyamarkan posisi barang yang anda sembunyikan. Sebisa mungkin tutup semua bagian barang dengan benda-benda yang ada di sekitar, bisa dengan menggunakan daun kering ataupun ranting-ranting yang sudah mati. Hindari memetik ataupun mematahkan tumbuhan yang masih hidup karena akan merusak lingkungan yang ada. Tutuplah pula jejak jalur menuju tempat tersebut sehingga orang lain tidak akan pernah tahu lokasi keberadaan barang persembunyian anda.

5.      Ajak beberapa teman.

Ajaklah serta beberapa teman untuk membantu menyembunyikan barang. Hal ini bertujuan agar jika anda lupa lokasinya, masih ada teman yang masih ingat. Selain itu pula agar dapat saling menjaga dan melindungi jika terjadi hal-hal diluar dugaan saat sedang menyembunyikan barang.

6.      Tinggalkan barang seperlunya.

Apapun alasannya, jangan pernah mendaki tanpa membawa perlengkapan dan peralatannya. Kita tidak pernah tahu hal apa yang bisa terjadi di depan sana sehingga waspada dan bijaklah dengan kondisi sekitar. Tinggalkanlah barang seperlunya dan bawalah beberapa perlengkapan dan peralatan yang cukup berguna, minimal seperti jas hujan, ponco, makanan dan minuman serta obat-obatan.

 

Mendaki gunung sangat memerlukan beberapa kesiapan, baik dari segi manajemen maupun fisik dan mental. Selain itu pula diperlukan kerjasama tim yang baik agar proses pendakian dapat berjalan sesuai rencana. Bertindaklah bijak dengan kondisi sekitar sehingga hal-hal yang terjadi diluar rencana dapat lebih di minimalisir. Selamat mendaki!

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerMyspaceRSS

Testimonials

Rinjani, gunung yg sudah lama ingin aku datangi…bersama temenku , kami akhirnya memutuskan utk ikut wisata gunung..sungguh keputusan yg tepat, join dengan wisata gunung…disaat puncak keliatan seperti dekat, tp kaki tak mampu melangkah dan tenaga sudah habis..bang widi berusaha membantu kami dengan tali..mengupayakan kami utk bisa sampe ke puncak gunung…sungguh upaya yg luar biasa menurutku, mengubah itin agar perjalanan lebih mudah dan cepat. Temen2 wisata gunung yg asyik 2,gokil dan senantiasa membantu membuat trip ini tambah asyik n berkesan.. Sungguh luar biasa bisa ikut trip ini bersama dengan kalian..Thanks a lot all.. Rinjani aug 2014, Novita Tan Novita <tannovita@yahoo.com>
Tan Novita, Rinjani Agustus 2014

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Connect With Us