Beranda » INFO GUNUNG » Mitos Asal Mula Nama Gunung di Indonesia, Mistiskah? Yuk Ketahui!

Sobat Nanjak, banyak sekali nama gunung di Indonesia. Banyak pula yang dikaitkan dengan hal mistis, apakah itu benar? Sobat harus baca artikel ini hingga usai kalau mau tahu.

Pegunungan dari sabang sampai merauke, punya cerita tersendiri yang melatarbelakangi, hingga akhirnya diberi nama orang orang-orang di sekitar gunung tersebut. Ada yang bertujuan mengenang peristiwa, ada pula memang menjadi ciri khas seusai nama daerah.

Adapun di dalam artikel ini, saya akan membahasnya sebanyak 11 gunung, jadi singkat-singkat saja ya ceritanya.

Inilah Latar Belakang Nama 11 Gunung di Indonesia

Pada artikel kemarin, Saya lebih membahas tentang pengalaman mendaki gunung di Arjuno Via Purwosari. Untuk artikel ini, Saya lebih membahas tentang nama-nama gunung, ini dia:

  1. Gunung Bromo

Gunung pertama yang akan saya jelaskan, gunung Bromo. Secara wilayah, gunung ini ada di Probolinggo. Untuk keindahan, tidak bisa dipungkiri, sangat indah.

Kenapa nama Gunung Bromo ini resmi menjadi nama yang khas untuk benda kerucut ini? Awal mulanya, merupakan sebuah nama yang diberikan oleh orang-orang Majapahit yang tinggal di daerah lereng.

Kerajaan Majapahit, yang sempat mendapat serangan dari lawan, membuat masyarakatnya pergi menyelamatkan diri, sebagian dari mereka tinggal di lereng ini. Menganggap gunung ini adalah gunung Brahma, yang suci, karena yang menyebut adalah orang Jawa, akhirnya jadilah gunung tersebut diberi nama Bromo.

  1. Gunung Arjuno

Kedua, Anda bisa mengamati gunung yang berada di banyak wilayah, namun centernya ada di Pasuruan.

Gunung ini, lebih terkenal keangkerannya, terutama jalur Purwosari. Jika ingin tahu, seberapa angekernya, saya sudah menuliskan. Ini dia pengalaman mendaki melalui jalur Purwosari.

Lalu, bagaimana asal nama Arjuno? Tentu saja, banyak yang sudah mengetahui, bahwa Arjuno itu salah satu nama pewayangan. Memang secara legenda, nama tersebut diambil dari Arjuno tokoh pewayangan.

Bahkan ketika itu, Arjuno yang biasa disapa Arjuna bertapa, terlalu lama bertapa, ada kekuatan besar yang menghampiri, dan merusak di wilayah tersebut.

  1. Gunung Welirang

Nama Gunung Welirang diambil dari kata Walirang dalam bahasa Jawa, yang mempunyai arti Belerang. Yups, penamaan ini tentunya sesuai dengan keindahan alamnya dan penampakan alam belerang.

Di area tempat lerengnya, terdapat berbagai macam tumbuhan yang hidup subur. Sehingga, Welirang terkenal dengan pemandangan alam hutan yang rindang.

  1. Gunung Penangggungan

Gunung Penanggungan, gunung yang memiliki nilai mitos yang tinggi. Asal usul nama gunung ini, ada yang mengatakan tentang penanggungan kesalahan. Namun ada pula yang mengatakan nama ini diambil dari nama sebuah tempat yang ada di sekitar sana.

Jika Anda mengamati, gunung ini hampir sama dengan gunung Semeru, ya, karena mitosnya, gunung ini masih ada hubungan dengan Gunung Semeru guys, sehingga disebut dengan miniature gunung Semeru.

  1. Gunung Cikuray

Jika Anda mengamati, dalam sejarahnya, ada yang mengatakan bahwa gunung ini memiliki nama lawas Gunung Larang Srimanganti. Di sebuah daerah di gunung tersebut, juga terdapat daerah dengan nama Mandala. Di sana adalah tempat tinggal para pandeta, nah di sana Anda akan lihat catatan sejarah tentang Gunung Larang Srimanganti, yang ternyata nama lain Gunung Cikuray ini.

  1. Gunung Salak

Kalau tentang nama gunung Salak, ada banyak versi. Salah satunya, gunung ini diberi nama Salak bukan karena gunung ditumbuhi salak, tetapi, dahulu ada sebuah kerajaan dengan nama Salakanagara. Nah, Salak ini di ambil dari awal nama kerajaan tersebut.

Versi lain, Salak adalah nama yang memiliki arti perak. Gunung ini pun punya nama lain Gunung Perak.

  1. Gunung Argopuro

Saya tidak menemukan asal usul nama Gunung Argopuro, hanya saja gunung ini sangat terkenal dengan mistisnya yaitu adanya Dewi Rengganis dan dayang-dayangnya. Gunung ini sangat terkenal mistis karena Dewi tersebut yang menjaga gunung ini. Siapapun yang melanggar aturan dan berbuat tidak baik, akan diganggunya.

  1. Gunung Lawu

Melihat Gunung Lawu, saya hanya teringat akan sejarahnya tentang Raja Majapahit V, yaitu Raja yang terakhir. Mungkin, kalau dilihat asal nama, gunung ini sudah punya nama sejak zaman dahulu. Jadi, saya hanya bercerita tentang kisah yang tersimpat di Gunung Lawu ya.

Gunung ini, konon, menjadi tempat moksanya Raja Brawijaya ke 5. Di saat kerajaan Majapahit mengalami keruntuhan, rajanya datang ke sini untuk bertapa dan tidak pernah kembali.

  1. Gunung Merapi

Gunung Merapi yang berasal dari daerah Jogja ini, berasal dari kata Meru yang artinya gunung, dan Api yang artinya adalah api. Sehingga, Merapi, punya arti gunung yang mengeluarkan api. Jika menilik dari naskah lama, ternyata gunung ini juga punya nama Mandrageni.

  1. Gunung Jaya Wijaya

Aasal usul nama gunung Jaya Wijaya ini, diberikan oleh Soekarno. Konon nama gunung ini, ada banyak. Salah satunya Jaya Wijaya, karena Soekarno pernah ke sini, dan sempat Papua terlepas dari Indonesia, dan kembalinya Papua ke Indonesia inilah yang mendorong Soekarno memberikan nama Jaya Wijaya, yang artinya kemenangan.

  1. Gunung Rinjani

Terakhir, Anda akan saya ajak keliling mengenal gunung yang paling indah se Indonesia, yang mana lagi kalau bukan Gunung Rinjani. Tentang penamaan, ada dua versi, di mana gunung ini bisa diambil dari segi fisiknya yang tegak dan tinggi.

Iya, Rinjani dalam bahasa Indonesia punya arti tegak dan tinggi, seperti bentuk gunung ini. namun, ada kemungkinan lain, di mana di balik indahnya gunung ini, ternyata ada sebuah kisah seseorang yang bernama Anjani. Kemungkinan besar juga, nama ini berasal dari sana.

Kepercayaan Mistis yang menyertai, merupakan bonus yang bisa Anda rasakan. Mangkanya ada yang bilang, jangan pernah macam-macam saat berkunjung ke alam, di sana Anda merupakan tamu yang harus berlaku sewajarnya, bahkan kalau bisa menghormati dengan cara tidak berbuat yang dilarang.

Mistis Saja Belum Cukup, Alam yang Indah Juga Menjadi Faktor Kemunculan Nama

Mendaki menyenangkan, meski ada yang belum pernah mendaki, saat membaca artikel ini, Anda sudah bisa membayangkan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Oh iya, kadang ada tujuan tertentu loh bagi seorang pendaki, misalnya saja mampir ke gunung Arjuno yang ingin menyepi.

Tapi, bonus-bonus keindahan alam tetap bisa Anda rasakan. Hanya saja, apa hubungannya alam yang indah dengan munculnya sebuah nama? Akan saya bawakan imajinasi Anda pada salah satu gunung yang sangat memesona ini.

Apa itu guys?

Gunung tertinggi di Indonesia, yaitu Gunung Jaya Wijaya, ada juga gunung Rinjani yang terindah se Indonesia. Kenapa saya pilih 2 gunung ini?

Jika Anda mengamati, gunung Jaya Wijaya adalah gunung yang paling tinggi dan indah tentunya. Jarang ada yang bisa ke sana, karena di sana ada esnya guys. Sangat luar biasa, dulu pas ditemukan oleh satu orang, dia bercerita tidak ada yang percaya. Masak di Indonesia yang wilayahnya Tropis, ada gunung yang memiliki es.

Nah, karena siapapun yang bisa ke sana tentunya berarti menjadi pemenang, jaya wijaya sangat layak menjadi nama yang melekat. Tidak hanya Jaya Wijaya, keindahan alam Rinjani pun cocok melekat dengan penamaan gunungnya.

Jadi sebenarnya banyak hal mistis, namun di Indonesia nama gunung tidak hanya melekat karena kemistisan, keindahan pun bisa menjadi nama yang bagus serta punya kesan yang mendalam. Banyak cerita yang bisa Anda dengarkan dari kemolekan gunung. Yuk hargai alam kita.

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.